Monday, December 20, 2010

Keutuhan Setgab Tergantung Bagi Hasil

Ilustrasi

JAKARTA - Keutuhan Sekretariat Gabungan (Setgab) partai koalisi yang dinahkodai Ketua Umum Partai Gokar Aburizal Bakrie diragukan banyak pihak.

Baru-baru ini Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengeluh keputusan di Setgab sering kali hanya diambil oleh Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Apakah Setgab bisa bertahan hingga 2014? Menurut Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, bertahan atau tidaknya Setgab hingga 2014 terkait dengan prasyarat Setgab.

"Apakah semua Partai di Setgab sudah mendapatkan apa yang mereka yang inginkan, ini kan hanya tergantung siapa mendapat apa," katanya saat dihubungi okezone Selasa (21/12/2010).

ika itu tidak terpenuhi, lanjutnya kemungkinan Setgab pecah sebelum 2014 bisa saja terjadi. "Itu prasyarat apakah bisa menuju 2014 atau pecah kongsi di 2013 itu tergantung siapa mendapat apa," jelasnya.

Saat ini Zuhro menilai Partai Golkar sudah gusar dengan keberadaannya di Setgab, pasalnya dari sekian banyak posisi kursi menteri di kabinet, partai berlambang pohon beringin tersebut hanya mendapat jatah empat kursi.

"Mereka kan partai pemenang kedua, pasti ingin mendapat lebih, mereka belum puas dengan posisi di pemerintah," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment