Monday, December 27, 2010

Otak-otak Ikan Tenggiri

Kumpul-kumpul dengan saudara dan handai tolan setelah lebaran, enaknya menyajikan otak-otak ikan tenggiri yang rasanya gurih dan sedap ini. Apalagi proses membakar kulit pisang otak-otaknya dilakukan bersama-sama sambil ngobrol. Kuah kacangnya yang asem-asem pedas menambah cita rasanya. Dijamin, pertemuan ini memberi kesan tersendiri. Selamat mencoba!

Bahan:
250 gram ikan tenggiri yang telah dihaluskan, garam, merica dan gula secukupnya, 3 sdm tepung kanji, 1 butir telur, air es secukupnya, 1 sdm bawang merah dan putih halus, 2 sdm daun bawang irisan, daun pisang dan biting secukupnya.

Saus kacang:
2 buah cabai rawit, 2 buah cabai merah rebus dihaluskan, 5 butir kemiri disangrai yang dihaluskan, 25 gram kacang tanah sangrai yang dihaluskan, garam, gula, cuka secukupnya dan 1/2 gelas air matang.

Cara membuatnya:
1. Campur ikan, garam, merica dan gula. Uleni dengan tepung kanji, putih telur dan air es secukupnya hingga adonan cukup kental.
2. Campur dengan bawang merah, putih, daun bawang irisan. Aduk rata.
3. Siapkan daun pisang. Beri 1 sdm adonan. Gulung. Panggan diatas api sedang sampai matang. Sajikan dengan saus kacang.
4. Saus kacang: cabai rawit, cabai merah, kemiri, kacang, garam, gula, cuka dihaluskan. Campur dengan air matang. Aduk rata.

No comments:

Post a Comment