Tuesday, December 28, 2010

Curhat di Blog, Bepe Yakin 'Indonesia Masih Bisa'

Striker Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas

JAKARTA - Kekalahan tim nasional Indonesia 3-0 melawan Malaysia memang memberikan kekecewaan yang mendalam. Namun melalui blog-nya, striker timnas, Bambang Pamungkas (Bepe) menuliskan optimismenya untuk Indonesia.

Berangkat dari kalimat "Football is an unpredictable thing. Some results will make you shock. But that’s the thing that makes it passionate, the mystery in it" Bepe ingin mengungkapkan betapa sepakbola merupakan sebuah permainan yang magis dan penuh misteri, dimana setiap menit atau bahkan detik selalu dipenuhi dengan kejutan dan kejadian yang sarat dengan emosi.

Sepakbola, akan selalu dikelilingi dengan misteri-misteri yang terkadang susah di mengerti dengan hanya sekedar akal sehat. Dan hal-hal tersebutlah yang sebenarnya membuat olahraga ini menjadi sangat menggairahkan," tulis Bepe dalam blog-nya.

Untuk memperkuat pernyataan tersebut Bepe mencoba memberikan beberapa gambaran. Salah satunya adalah saat final UCL di tahun 2004, ketika sebuah tim bernama Liverpool mampu menyarangkan 3 gol ke gawang Nelson de Jesus Silva (Dida) hanya dalam waktu 45 menit. Sehingga memaksa AC Milan menjalani perpanjangan waktu 2 x 15 menit, dan akhirnya harus menyerah melalui adu tendangan pinalti.

Lalu juga ketika tim sekelas Real Madrid dengan sederet bintang-bintangnya serta pelatih sekaliber Jose Mourinho, harus tersungkur oleh kedigdayaan Barcelona dengan skor 5:0 di Camp Nou.

"Indonesia memang sangat jauh dari gambaran kekuatan Liverpool maupun Barcelona. Akan tetapi saya juga sangat yakin jika Malaysia tidak sekuat dan setangguh AC Milan ataupun Real Madrid. Sehingga kemungkinan bagi kita (Indonesia) untuk dapat memukul Malaysia dengan skor telak di Gelora Bung Karno, juga masih sangat terbuka lebar," tulis Bepe.

Bepe yakin jika Indonesia masih memiliki kesempatan di satu pertandingan final yang akan dihelat di Jakarta. Seperti pada 5 pertandingan sebelumnya dengan dukungan 80 ribu pendukung Garuda yang dianggapnya sangat fanatik dan militas.

"Jadi sangat tidak beralasan dan kurang bertanggung jawab rasanya, jika saat ini kita tertunduk lesu dan patah semangat," tulis Bepe.

Dalam blog tersebut, Bepe juga memberikan sebuah kalimat yang memiliki arti cukup dalam. Menurut Bepe, dalam sebuah pertandingan sepakbola, setiap kemenangan akan membuat kita menjadi lebih percaya diri dan lebih baik sebagai sebuah tim. Akan tetapi setiap kekalahan juga mampu membuat kita menjadi lebih dewasa dan kebih kuat, jika kita mampu menyikapinya dengan cara yang bijaksana.

"Akan selalu ada pelajaran yg dapat kita petik dalam setiap kekalahan." tandas Bepe.

No comments:

Post a Comment