Sunday, December 5, 2010

28 Imigran Gelap di Pekanbaru Kabur

Ilustrasi

PEKANBARU- Sebanyak 28 imigran gelap asal Afganistan yang selama ini ditempatkan di Rumah Ditensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru, Riau, kabur. Namun tiga di antaranya berhasil ditangkap kembali.

“Sudah tiga imigran gelap yang kabur berhasil kami amankan lagi,” kata Kapolsek Bukit Raya AKP Yanuar Ari kepada okezone, Minggu, (5/12/2010).

Penangkapan kembali ketiganya berkat pengaduan dari pihak Rudemin yang melaporkan hal tersebut kepada polisi. Setelah itu polisi langsung melakukan pengejaran terhadap para imigran tersebut.

“Terakhir, kami mengamankan seorang pria Afganistan bersembunyi di rawa-rawa wilayah Simpang Tiga, tepatnya dekat kantor kami. Itu juga berkat laporan dari masyarakat,” ujar Kapolsek.

Kaburnya 28 tahanan itu terjadi Sabtu malam. Mereka kabur setelah berhasil menggali lubang dan membuat terowongan untuk kabur dari dalam sel yang mereka tempati. “Saat ini imigran yang tertangkap lagi sedang kami lakukan proses identifikasi. Sementara anggota masih kami kerahkan dilapangan,” tutup Yanuar.

Kasus kaburnya para tahanan imigran di Rudenim Pekanbaru sendiri terjadi sekira empat kali. Para imigran ini menyatakan bahwa mereka merupakan korban perang. Mereka tidak mau ditahan karena mereka menganggap dirinya bukan penjahat, tapi korban.

No comments:

Post a Comment