Sunday, June 19, 2011

Olah Raga Yang Cocok Buat Ibu Hamil

Olah Raga Yang Cocok Buat Ibu Hamil. Banyak Jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk Ibu Hamil atau Bumil, namun mengingat ada beberapa gerakan olah tubuh yang tidak cocok dengan ibu yang tengah berbadan besar, perlu ada perubahan. Nah.., olahraga apa yang cocok untuk Ibu Hamil ? dan perlukah Ibu hamil olahraga ? Ibu hamil sangat disarankan buat olahraga untuk menjaga kesehatan serta mengurangi stress pada Ibu hamil.
olah raga apa saja yang disarankan untuk ibu hamil? Ini dia:

1. Senam Kegel
Senam Kegel bermanfaat untuk memperkuat otot-otot vagina. Kondisi ini akan memudahkan persalinan dan melunakkan otot vagina setelah melahirkan. Untuk menemukannya, pura-puralah menahan hasrat kencing. Tahan beberapa saat. lalu lepaskan, begitu terus berulang kali.

2. Renang
Inilah olah raga paling aman untuk ibu hamil. Renang membuat tubuh kencang tanpa membebani dan menekan persendian. Saat berenang, jantung berdetak lebih cepat. Jangan menyelam karena bisa terkadi perubahan tekanan.

3. Bersepeda
Hal terbaik dari bersepeda adalah olah raga ini mampu menopang berat badan, sehingga tekanan tubuh lebih sedikit. Untuk mengurangi risiko terjatuh, gunakan sepeda statis. Mulailah bersepeda dengan perlahan, jangan terlalu bersemangat.

4. Jalan kaki
Aman dan baik dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung selama kehamilan. Efektif untk mengatasi gangguan pada lutut, pinggang dan mata kaki. Jalan kaki juga mampu menguatkan otot, memberi udara segar, menjaga tubuh tetap bugar dan tidur malam terasa nyenyak.

5. Yoga
Sangat cocok bagi ibu hamil, dipercaya mampu mengurangi stres dan tekanan pada tubuh. Kelas prenatal yoga khusus dirancang bagi calon ibu, dimana latihan ini menekankan teknik pernapasan dan meditasi yang tepat untuk membentuk keseimbangan dan relaksasi. Proses kehamilan dan persalinan berjalan lebih mudah karena yoga mendorong fleksibilitas dan kekuatan.

No comments:

Post a Comment