Tuesday, September 20, 2011

Menyembuhkan patah hati

Menyembuhkan patah hati memang tidak seperti menyembuhkan penyakit flu atau batuk. Patah hati jelas memberikan efek yang lebih besar dan perlu penanganan serius. Mungkin kalu efek patah hati itu mati, terlalu lebay. Tapi wajarnya adalah menderita, depresi, perasaan kehilangan, marah dan sampe nendang-nendang tong sampah orang. Ada juga yang cuek banget. Sehari suntuk, besok udah kelar. Tapi ada juga yang sampe memerlukan bantuan orang lain dan mengalami masa bete berminggu-minggu. Malah ada yang jadi trauma, atau malah sebel sama lawan jenis, terus jadi.....,  eh, nggak ah! (serem kalau dah yang terakhir).

Nah, supaya efek patah hati itu nggak terlalu besar buat hidup kamu, coba deh baca artikel berikut ini, mungkin ada beberapa tips yang layak dicoba.


Akui sajalah kalo hubungan ini sudah gagal.

Karena dengan ikhlas menerima kegagalan, dengan otomatis kita bisa mulai membuka lembaran baru lagi. Coba deh, sok-sokan nggak nerima kenyataan. Pastinya malah mendatangkan banyak masalah. Kalo udah nggak bisa pindah ke lain hati, hendaknya jangan buru-buru minta balik juga. Cooling down dulu, berteman lagi, terus baru ajukan remedial cinta lagi. Halah! Kalo gagal lagi? Ya, akui aja kalo kita emang nggak bisa jadian. Titik. maksa banget sich jadi mahluk.!!!


Namanya juga manusia, nggak luput dari kesalahan dan kekhilafan.

Baik kamu maupun cewek kamu punya peluang yang sama untuk menghancurkan hubungan. Jadi jangan salahkan siapa-siapa. Jangan juga jadi pihak yang menyalahkan diri sendiri. Karena daripada menyalahkan diri sendiri, lebih baik menjadi orang yang benar . Semua karena kalian berdua. Bisa nyambung atau malah putus, pastinya karena kalian berdua juga.

Marahlah kalo perlu marah, memakilah kalo perlu memaki, nangislah kalo perlu menangis.

Cuma jangan ngamuk terus jangan nyuri harta orang lain, Karena nggak ada hubungan antara patah hati dengan jadi maling. Kata orang, menangis adalah salah satu cara untuk melepaskan rasa sakit. Jadi, silakan aja. Asal tau batasnya.  Kalo cewek (khusus wanita), nangis berhari-hari gara-gara putus cinta, kayaknya masih enak dilhiat dan mungkin mengundang simpati. Tapi kalo cowok, baiknya nangis liat-liat waktu dan tempat. Soalnya bakal mengundang emosi orang yang ngeliat, pastinya....


Pilihlah tempat menangis yang tepat seperti di dalam bioskop yang memutar film romantic, bukan film-film yang isinya orang silat-silatan semua. Atau bisa juga di stadion sepakbola ketika salah satu tim ada yang kalah. Tinggal pilih aja tribun yang bener jangan sampe duduk di tribun pendukung tim yang menang.(saran yang kedua mending pikir dulu dech, mao nangis ajah repot banget nyari tempat) Intinya, udahlah sedihnya sehari aja. Nggak perlu jadi drama cengeng!



Coba kumpulkan kata-kata bijak seperti di bawah ini: I will survive, I'm over her, Been there, done that, sampai Cinta tak selamanya harus memiliki.


Pokoknya cari perkataan yang bisa bikin kita kuat dan tegak berdiri lagi.(apa yang berdiri nich, kata-katanya bikin ngeres). Kata-kata yang menginspirasi bisa jadi penyambung hidup di kala semangat sudah mulai padam. Ibaratnya, kalimat itu tercipta emang untuk memberi harapan di situasi yang hopeless ini. Sehingga pas temen kita patah hati, kita bisa dengan bijak memberi saran. Kita pernah survive dari “badai” asmara (walah bahasanya!) dan sekarang udah bisa memulai lembaran baru lagi. Siap, nyari pacar lagi....(ST 12 yang bilank)



Alihkan rasa sakit itu.

Tapi jangan mentang-mentang yang sakit hati, jadi malah nekat nyakitin bagian tubuh yang lain. Itu sih gila. Mending alihkan seperti kunjungi temen lama kita yang udah lama nggak ketemu, atau nongkrong sama tim gokil di sekolah kita., eh... bay the way mungkin indonesia juga butuh menteri cinta buat para penduduk muda indonesia. lanjut, Beli aja DVD sebanyak-banyaknya. Nonton mulai dari genre horor, action, sampe dokumenter kehidupan satwa liar di Afrika. Tentunya hindari drama romantis. dan juga tipe drama balas dendam, ntar malah bisa memancing setan biar kamu nyakitin mantan kamu, .Main game? Cocok juga. Terutama game yang bisa bikin emosi kita naik dan pada akhirnya lepas lewat makian-makian yang nggak jelas.



Ringankan beban di dada dengan bercerita kepada orang.

Bagusnya sih kita punya sahabat atau sodara dekat yang bisa dipercaya untuk cerita-cerita kayak gini.(dibuka jasa curhat) Jangan sekali-kali cerita sama cicak di dinding, (kenapa) karena dia akan diam-diam merayap. Begitu datang seekor nyamuk, hap! Lalu ditangkap (mulai ngawur lagi). Perasaan kita pasti akan rada enakan begitu semua keluar dari dada. Dan lebih enak lagi kalo ada orang di sana yang ngasih dukungan atau sekadar mendengarkan sambil ngupil.(asal ngga sambil B.A.B ajah) Sekali lagi, (saya sebagai presiden cinta indonesia menyatakan bahwa) kita hanya harus cukup hati-hati dalam memilih teman curhat masalah patah hati ini.



Jangan sampe malah jadi bumerang kayak rahasia kita jadi terbongkar atau malah ada fitnah yang lebih kejam daripada nenek sihir atau nenek lampir bahkan ibu tiri. (xixixixix)

(satu lagi yang ngga kalah penting dan harus di perhatiakn baik-baik)

Hindari curhat dengan tukang kebun atau baby sitter pacar.(manknya kenapa) Bukan apa-apa. Apa urusannya dia coba.? (bener juga yaaa)

Musik keras, distorsi, lirik-lirik galak dan tajam lumayan bisa membantu menyembuhkan rasa sakit hati.

Pasang keras-keras lewat earphone (ingat kalo nggak ada earphone, jangan dipaksain denger musik keras. Ganggu orang lain), ikuti lirik penuh kemarahan dengan gaya lipsync, pikirkan seolah-olah kita ada di dalam konser atau jadi model video klipnya.(tapi kalau klip x ada adegan bunuh diri jangan ikut-ikutan yaaa) kenapa, (aq ngga mao ikut campur kalau udah gitu)


Trik ini diakui manjur di kalangan orang yang hobi patah hati. Kata mereka, setelah dua jam melakukan hal ini di kamar, efeknya adalah: hati jadi bebal, fisik lumayan lelah, dan kuping sedikit budeg. Warning: selesaikan dulu semua pekerjaan rumah sebelum melakukan hal ini. Jangan sampe orang tua mengira kamu mampus di dalam kamar hanya karena pengen nyuruh buang sampah tapi ngga ada jawaban.


Kota di malam hari pastinya sepi.

Siapkan motor atau mobil. Berkendaraanlah sampe capek.(jangan lupa sabuk pengaman dan helm standar yaaa) Kalo naik mobil ya masuk jalan tol. Kalo naik motor ya pilih jalur yang panjang dan mulus. Soalnya nggak lucu kalo milih jalan berlubang-lubang. Bikin tambah emosi. Sepanjang jalan panjang itu, pelan-pelan lepasin emosi dengan latihan pernafasan. Pikirkan juga apa yang kita udah perbuat sampe bisa putus atau diputusin. Begitu udah terkumpul konsentrasinya, niscaya kita bisa pulang dengan pikiran yang lega. Seperti tau harus ngapain besoknya.(tambahan lagi),baiknya harus tau jalan pulang ya. Kalo nyasar kan nggak lucu!


Makan, makan dan makan.

Ngapain juga takut gendut? Kan bisa dihajar sama olahraga lagi. Begitu patah hati, segera pilih resto atau makanan yang pengen banget kita gentayangin selama ini. Lalu sikat apa yang kita suka. Rasa kehilangan sesuatu mungkin bisa dibayar dengan makan sesuatu yang enak. Mungkin kegiatan mengunyah bisa melampiaskan perasaan kecewa berat tadi. Inget-inget deh acara wisata kuliner di TV, datengin tempatnya.(Jangan lupa bayar) Putus cinta bukan berarti bisa kurang ajar.(ntar kena hajar), kalau kabur bisa di kejar orang sepasar.... ngawur.!!!


Cari pacar lagi...

Begitu putus, lampiaskan dengan ngajak kenalan cewek yang cantik ato cowok ganteng (kayak saya). Bisa di dunia nyata atau di dunia maya alas internet. Yang pasti, wajah cantik adalah pengalihan perhatian terbaik. Mau dia jutek atau malah menghindar, yang penting bisa kenalan.(prinsipnya pantang menyerah) Itu udah bisa jadi sebuah prestasi di situasi yang down ini. Biar deh dia ngomel-ngomel karena merasa keganggu karena keberadaan kita. Prinsip kita: "Maju Perut Pantat Mundur..!". Syukur-syukur bisa jadi temen curhat, walaupun kita udah yakin nggak mungkin jadi pacarnya. Yakinlah bahwa persahabatan lebih berarti daripada pacaran. Apalagi kalo sahabat kita itu cantik. mungkin bisa kita lanjutin ke sahabat jadi cinta (zigas Banget..!)



Selamat berjuang menyembuhkan patah hati. Aku akan terus mendukungmu. hehehe

No comments:

Post a Comment