Tuesday, December 7, 2010

Tip Antikorupsi Ala Bambang Widjayanto

Ilustrasi

DEPOK - Setelah gagal menjabat sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjayanto masih memiliki segudang kegiatan seputar pemberantasan korupsi.

Salah satunya dengan berorasi dan menggencarkan semangat antikorupsi kepada masyarakat. Menurut Bambang, untuk mencegah korupsi, harus dimulai dari sejak dini. Yakni, dapat dimulai dari dalam keluarga. "Ajarkan kepada anak-anak untuk menghargai waktu, jangan korupsi waktu," katanya di Margo City, Selasa (7/12/2010).

Selain itu, kata Bambang, seorang istri wajib bertanya dan curiga jika para suami membawa uang lebih banyak dari biasanya. Serta, masyarakat harus mulai berani berkata tidak kepada lembaga pelayanan publik yang memungut biaya liar. "Istri jangan asal senang saja dapat uang dari suami, harus jelas asal usulnya. Sebab percaya atau tidak, bisa saja ada orangtua yang anaknya narkoba, itu karena dibesarkan dengan uang haram," tegasnya.

Bambang juga mencontohkan dalam pembuatan KTP, warga harus berani menolak jika dimintai pungutan liar. Selain itu, Bambang mengajak masyarakat untuk berani melapor ke instasi terkait. "Sekarang ada KPK sistem online, ada juga lembaga Ombudsman, jangan ragu untuk melapor," tandasnya.

No comments:

Post a Comment