Tuesday, December 14, 2010

Singapura-Malaysia Memanas Karena WikiLeaks


KUALA LUMPUR - Hubungan Singapura dengan Malaysia saat ini tengah memanas, usai Malaysia mengirim nota protes kepada Singapura atas ketidaknyamanannya menyusul kritikan yang dilayangkan kepada pemimpin Malaysia, seperti yang dirilis dalam bocoran kawat diplmotik dari WikiLeaks.


Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman memanggil Utusan Khusus Singapura untuk Malaysia, T.Jasudasen untuk menyerahkan nota protes itu langsung.

Pernyataan dari pihak Kementerian Luar Negeri Malaysia menyebutkan nota itu ditujukan untuk memprotes komentar tidak menyenangkan yang dikeluarkan oleh pejabat senior Kementerian Luar Negeri Singapura, mengenai kepemimpinan dan situasi di Negeri Jiran itu.

"Pihak kementerian luar negeri Singapura mengungkapkan kekecewaan dan ketidaksenangan Malaysia, atas komentar yang diperoleh dari WikiLeaks dan dilaporkan ke media," seperti dikutip the Straits Times, Rabu (15/12/2010).

Dikabarkan, bocoran kawat diplomatik yang menunjukkan penghinaan tersebut dimuat di dua suratkabar Australia.

Bocoran kawat itu menyebutkan beberapa pemimpin Malaysia dianggap tidak kompeten untuk memimpin negara. Sementara Perdana Menteri Najib Razak disebut sebagai sosok oportunis.
Menteri Mentor Singapura Lee Kuan Yew, juga dilaporkan mengeluarkan komentar pedas mengenai kasus sodomi yang dialami oleh Anwar Ibrahim.

No comments:

Post a Comment