Friday, December 24, 2010

Pertemuan SBY-Sultan Muluskan RUUK DIY

Sri Sultan Hamengkubuwono X

JAKARTA - Sejumlah kalangan menilai, pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X akan memuluskan pembahasan Rancangan Undang-Undang Keistimewaan (RUUK) DIY.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono menilai, hasil pertemuan tersebut bisa dijadikan referensi Sekretaris Gabungan (Setgab) Koalisi sebelum pembahasan dan pengambilan keputusan RUUK DIY di DPR.

Mantan Ketua DPR ini mengingatkan, lobi-lobi ataupun dialog antara Presiden SBY dan Sri Sultan sah-sah saja. Terlebih, lobi itu memberikan kontribusi untuk dapat tercapai kesepakatan- kesepakatan serta untuk mencari jalan keluar dan solusi.

“Ya (mempermulus pembahasan RUUK DIY). Itu boleh-boleh saja dalam politik. Nanti ketika putusan formal melalui mekanisme yang resmi. Ini paling tidak sudah ada referensi, sudah ada gagasan dan masukan,” ungkap Agung di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/12/2010).

Sebelumnya Sri Sultan mengaku telah bertemu Presiden SBY dua kali. Pada pertemuan pertama, Presiden SBY hanya berbicara empat mata dengan Sri Sultan. Beberapa menit kemudian, dilakukan pertemuan kedua antara Presiden SBY-Sri Sultan dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie. Agung menjelaskan, pertemuan Presiden SBY-Sri Sultan lebih pada inisiatif Aburizal pribadi.

Meski demikian, Agung menolak memberi tahu apakah inisiatif Aburizal tersebut sudah dibicarakan dalam rapat internal Partai Golkar. Dia juga menjelaskan bahwa pertemuan Presiden SBY-Sri Sultan belum dilaporkan ke Golkar sebab hal ini lebih ke masalah Setgab Koalisi.

Sementara itu, Sekretaris Setgab Koalisi Syarief Hasan meminta agar pertemuan Presiden SBY-Sri Sultan tidak difokuskan pada siapa yang mengambil inisiatif, tapi lebih pada isi pertemuan.

Syarief juga berharap agar semua pihak melihat usulan RUUK DIY sebagai satu kesatuan, bukan secara parsial dengan hanya memfokuskan pada satu hal saja.

No comments:

Post a Comment