Friday, December 24, 2010

Pengamat: Parpol Tak Perlu "Numpang Beken" dari Timnas

Personel Timnas Indonesia sebelum bertanding

JAKARTA - Pusat perhatian publik kini tengah teruju pada keperkasaan Tim Nasional yang berhasil maju ke babak final Piala AFF 2010. Tak hanya artis, para politisi pun mulai ikut “numpang beken” dengan kesuksesan Timnas.

Kesan politisasi sepakbola ini muncul saat rombongan Timnas dibawa bersafari dan jamuan makan di kediaman Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie beberapa waktu lau. Banyak pihak menganggap Golkar dan Ical, sapaan akrab Aburizal ingin ikut menjadi pusat perhatian publik.

“Ini kan seolah-olah menjelaskan ke publik bahwa tokoh atau partai tertentu juga ikut mengusahakan Timnas untuk mendulang sukses. Ini hanya politik klaim saja,” ujar pengamat politik dari Universitas Paramadina M Ikhsan Tualeka kepada okezone, Sabtu (25/12/2010).

Padahal, kata dia, jika partai atau tokoh tertentu memang ingin menjadikan sepakbola sebagai sarana politik, mereka harus bisa membuktikan dulu prestasi yang berhasil dicapainya.

“Ini kan belum selesai (menang di final). Dan saya kira sekup juga masih cukup kecil untuk bisa meraup keuntungan politik melalui (sepakbola) ini,” imbuhnya.

No comments:

Post a Comment