Wednesday, December 8, 2010

Konflik Semenanjung Korea Diangkat BDF III

NUSA DUA - Konflik semenanjung Korea yang ditandai peristiwa penembakan peluru artileri oleh Korea Utara menjadi agenda isu dalam Bali Democracy Forum III di Nusa Dua, Bali, hari ini.


Salah satu negara yang akan menyoroti konflik Korea Utara dan Korea Selatan itu adalah Jepang. Menteri Luar Negeri Jepang Seiji Maehara akan memberikan pidato terkait konflik tersebut.

Disela-sela BDF, dalam siaran pers yang disampaikan, Menlu Maehara akan menyampaikan pidato mengenai pemikiran Jepang berkaitan demokrasi di kawasan Asia.

“Kami ingin menunjukkan sikap kontribusi Jepang pada promosi paham demokrasi di kawasan Asia, juga meningkatkan kemitraan strategis dengan Indonesia,” ujar Menlu, Kamis (9/12/2010).

Selain itu, pihaknya akan memberi penjelasan mengenai pemikiran Jepang terhadap peristiwa penembakan peluru artikel oleh Korea Utara yang terjadi baru-baru ini.
Saat ini Presiden SBY sudah hadir didampingi Presiden Korea Kim im Bak, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, dan Sultan Brunei Darussalam Hasanah Bolkiah.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyebutkan tahun ini BDF dihadiri 42 negara peserta dan 32 peninjau.

Ada peningkatan Jumlah peserta yang dihadiri tiga Kepala Negara dan Pemerintahan. “Ini menunjukkan perkembangan positif demokrasi di kawasan Asia Pasifik,” ujar Marty.

Tahun ini BDF III akan membahas Demokrasi dan upaya mendorong perdamaian dan stabilitas.

No comments:

Post a Comment