Thursday, November 18, 2010

TKW Tewas di Tong Sampah, Kemenakertrans Kirim Tim ke Arab

Foto sekedar ilustrasi

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar langsung menerjunkan tim dari Direktorat Jenderal Binapenta untuk mengecek kebenaran informasi tewasnya Kikim Komalasari, Tenaga Kerja Wanita (TKW), yang mayatnya ditemukan di tong sampah di Kota Abha, Arab Saudi.

Kemenakertrans juga sedang melacak data dan informasi yang lengkap mengenai perusahaan yang memberangkatkan Kikim. Perusahaan yang memberangkatkan wanita asal Cianjur, Jawa Barat itu adalah Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS).

“Begitu kami mendapat informasi adanya TKI yang dibunuh di Arab Saudi, kita langsung terjunkan tim untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. Kita pun langsung melacak dokumen perusahaan PPTKIS mana yang memberangkatkan, lokasi penempatan dan perusahaan asuransinya, “ kata Kepala Pusat Humas Kemenakertrans Suhartono melalui e-mail yang diterima okezone, Jumat (19/11/2010).

Suhartono mengatakan timnya akan bekerja sama dengan KJRI Arab Saudi untuk mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan. Informasi awal yang diperoleh tim hingga saat ini masih menunggu hasil temuan polisi setempat dan diteruskan ke Badan Investigasi serta Pengadilan Arab Saudi.

Mulanya, petugas mengira Keken berasal dari Bangladesh. Dari data pengecekan data asuransi yang dilakukan petugas KHRI Jeddah di Kota Abha, Arab Saudi menunjukkan identitas korban bernama Kikim Komalasari bukan Keken.

“Sampai saat ini kita masih memastikan identitas lengkap dari Jenazah yang sedang diteliti oleh kepolisian Arab Saudi, apakah benar korban bernama Keken atau Kikim Komalasari," tutupnya.

No comments:

Post a Comment