Monday, November 15, 2010

Prijanto Tinjau Pelebaran Kali Pesanggrahan


JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto meninjau proyek pembangunan tanggul dan pelebaran kali pesanggrahan di Jalan Madrasah, RT 01 RW 12, Bintaro, Jakarta Selatan.

Pembangunan yang menelan biaya sekira 1,874 miliar ini menurut rencana akan selesai bulan Desember 2010. Namun sampai saat ini baru sebatas pemasangan tiang pancang.

Melihat kondisi ini Wagub sempat terkejut. "Kok baru pemasangan tiang pancang," ujarnya saat bertemu dengan beberapa jajarannya di lokasi peninjaun, Selasa (16/11/2010).

Pembangunan kali pesanggrahan, kata dia, sudah menjadi tanggung jawab Kementrian Pekerjaan Umum (Kemen PU) sebagai instansi yang mempunyai program penanggulangan jebolnya kali pesanggrahan.

"Kali ini besar yang menjadi tanggung jawab Kemen PU yang mempunyai program penanggulangan jebolnya kali pesanggrahan tapi ternyata baru pemasangan pancang," katanya.

Sementara untuk Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan, lanjut dia, bertanggung jawab terhadap pembangunan side belt tanggul kali pesanggrahan sepanjang 50 meter agar lebih kuat.

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen Pengendalian Banjir dan Perbaikan Sungai Kemen PU Bastari mengatakan pembangunan tanggul yang semula setinggi 225 cm menjadi 300 cm dan perluasan kali dari 20 menjadi 40 meter sempat tertunda karena lamanya proses lelang. Pemerintah mengucapkan terimakasih kepada masyarakat setempat yang rela membebaskan tanahnya untuk pelebaran kali.

"Nanti kalau sudah jadi tanggul yang baru mampu menampung debit air 115 meter kubik per detik. Sebelumnya hanya mampu menampung 50 meter kubik per detik," kata dia di lokasi yang sama.

Pelaksana Harian Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan Yayat Rukhayat menjelaskan sejak Agustus sampai Oktober 2010 tanggul kali pesanggrahan ini sudah mengalami tiga kali jebol akibat derasnya curah hujan dan tuanya umur tanggul.

"Ini tanggulnya dibangun tahun sekira tahun 80-an standar kekuatannya hanya 25 tahun," jelasnya.

Akibatnya, masyarakat wilayah sekitar kompleks IKPN selalu tergenang banjir hingga dua meter setiap hujan deras turun.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment