Sunday, November 14, 2010

Pengamat Ragu Kasus Gayus Bakal Terungkap

Gayus H Tambunan

JAKARTA - Polri kembali menjadi sorotan setelah foto mirip Gayus Halomoan Tambunan kedapatan berada di Pulau Dewata menonton pertandingan partai semifinal tenis Commonwealth Bank Tournament of Champions di Hotel Westin.

Padahal status Gayus masih terdakwa dan dititipkan di rumah tahanan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat. Kuat dugaan ‘keluarnya’ Gayus tak lepas dari pemberian suap kepada sejumlah polisi di Mako Brimob.

Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar semakin pesimistis dengan kemampuan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia membongkar kasus mantan pegawai pajak golongan III A itu.

“Penyakitnya sudah kronis, di lingkungan polisi sendiri,” katanya saat berbincang dengan okezone di Jakarta, Senin (15/11/2010).

Oleh karena itu, Bambang menyarankan agar Presiden turun tangan langsung menangani perkara ini. Sebab bila kasus ini tak selesai, akan menjadi preseden buruk dalam penegakan hukum di Tanah Air.

“Presiden jangan diam, inikan lembaga polisi, polisi tanggung jawab presiden, baik buruk negara itu sedikit banyak ada di wajah penanganan hukum,” imbuhnya.

Hari ini rencananya Mabes Polri mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus kaburnya Gayus Tambunan dari rutan Mako Brimob ke Kejaksaan.

Gayus sendiri beberapa waktu lalu mengajukan izin keluar tahanan dengan alasan untuk berobat. Ironisnya hakim Pengadilan Negeeri Selatan selaku penanggungjawab Gayus membantah telah memberikan izin berobat.

Versi Indonesia Police Watch (IPW), Gayus telah keluar tahanan pada Kamis 4 November 2010. Namun hal itu dibantah Mabes Polri. Polisi bersikukuh menyebut Gayus baru keluar tahanan pada Jumat 5 November.

Sementara pada 5 November, fotografer Kompas menjepret gambat orang mirip Gayus di pertandingan partai semifinal tenis Commonwealth Bank Tournament of Champions di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali. Gayus baru kembali ke rutan Mako Brimob pada Sabtu 6 November 2010, setelah dijemput petugas di rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara

No comments:

Post a Comment