Wednesday, November 17, 2010

Membaik, Sumiati Ngobrol 30 Menit dengan Orang Tua

Aksi unjuk rasa menentang kekerasan terhadap TKI

MAKKAH - Sumiati tenaga kerja wanita asal Dompu, Nusa Tenggara Barat, yang mengalami penyiksaan kini kondisinya sudah mulai stabil. Bahkan, Sumiati sudah bisa berkomunikasi dengan keluarga di Tanah Air.

"Kemarin sekira pukul 17.50 waktu Saudi, Sumiati sudah komunikasi dengan orang tuanya di Dompu, NTB," kata Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi dan Oman, Gatot Abdullah Mansyur saat ditemui wartawan di Kantor Misi Haji Indonesia di Makkah, Rabu (17/11/2010).

Gatot menceritakan, dalam percakapan dengan orangtua itu Sumiati bisa berbicara selama 30 menit. Perbincangan pun dilakukan dalam kondisi yang mengharukan.

Topik pembicaraan antara lain mengenai kondisi dari Sumiati. Gatot juga mengatakan, pemerintah Indonesia sudah meminta kepada Kejaan Arab Saudi untuk memberikan makanan khas Indonesia kepada Sumiati. Makanan itu antara lain nasi asal Indonesia dan buah-buahan.

Mengenai jalur hukum yang akan diajukan pemerintah Indonesia, Gatot menegaskan proses hukum bisa dilakukan setelah hasil visum et reprtum dari Sumiati sudah dikeluarkan pihak rumah sakit Arab Saudi.

"Saat ini sudah ditunggu Konjen RI di Jeddah sekira pukul 3 sore," paparnya.

Gatot juga menjamin, akan menuntaskan persoalan Sumiati hingga jelas nasib tenaga kerja wanita dari Dompu tersebut.

No comments:

Post a Comment