Wednesday, November 17, 2010

Keluarga Sumiati Akan Tiba di Arab Besok

MAKKAH - Keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang disiksa majikannya di Arab Saudi Sumiati binti Salan Mustapa, akan tiba di Arab besok. Pemberangkatan perwakilan keluarga Sumiati itu difasilitasi sepenuhnya oleh Kementrian Luar Negeri.

"Menurut recana besok atau lusa akan datang keluarganya yang diwakili pamannya," kata Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi dan Oman, Gatot Abdullah Mansyur saat dikonfirmasi wartawan di Kantor Misi Haji Indonesia, di Makkah, Rabu (17/11/2010).

Menurut Gatot kedatangan keluarga untuk memastikan kondisi dari Sumiati dan membantu proses hukum yang akan ditempuh pemerintah Indonesia.

Paman Sumiati akan didampingi oleh perwakilan dari Kementrian Kesehatan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, BNP2TKI dan Menteri Negara Pendayagunaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar.

"Mereka akan menengok Sumiati," imbuhnya. Gatot menjamin, kasus ini akan segera diselesaikan meski saat ini pemerintah Arab Saudi tengah memperingati libur Hari Raya Idul Adha hingga tiga hari mendatang.

Gadis asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu dilarikan ke RS King Fahad di Madinah 8 November lalu. Dari luka-luka ditubuhnya menunjukkan Sumiati mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi dari majikannya Khalid Saleh Al Akhmin. Bahkan, sang majikan tega menggunting sebagian bibir Sumiati. Kini, majikan Sumiati sudah ditangkap dan proses hukum terhadap kasus ini tengah diproses.

No comments:

Post a Comment