Thursday, November 25, 2010

Jarang Rapat di Hotel, Kemenko Hemat Rp11 Miliar

Ilustrasi Rupiah

JAKARTA - Kementerian Perekonomian (Kemenko) mengklaim bila tahun ini melakukan penghematan sekira 10 persen atau setara dengan Rp11 miliar dari Anggaran Belanja Pendapatan Negara (APBN) yang ditetapkan untuk Kementerian ini.

Adapun penghematan ini dilakukan dengan cara memaksimalkan pertemuan terhadap instansi yakni dengan tidak selalu mengadakan rapat di hotel.

"Nanti bagi yang tidak mempunyai ruangan yang cukup besar bisa meminjam ruangan Departemen Keuangan," ungkap Menko Perekonomian Hatta Rajasa ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (26/11/2010).

Namun beliau mengungkapkan bukan berarti tidak anggaran untuk belanja, hanya saja semuanya dihemat dengan mengurangi pembelian yang tidak penting.

"Buat belanja modal tetap ada, bukan mengerem belanja, tapi melakukan penghematan, dengan mengurangi pembelian dan pengeluaran yang tidak penting," tandasnya.

Hatta berharap, institusi pemerintahan lainnya juga melakukan pengematan, sehingga target penghematan diharapkan bisa sebesar 60 persen. "Penghematan itu bukannya tidak dibelanjakan. Intinya penghematan itu untuk yang lebih produktif. Misalnya kita bisa hemat perjalanan dinas, office, kertas, dan sebagainya. Dari penghematan itu 10 persen bisa," jelasnya.

Ditambahkannya, ke depan tentunya penghematan sudah di-switch ke dalam belanja modal. Kalau sekarang, lanjutnya, karena sudah mau tutup tahun makanya berubah menjadi penghematan.

"Seluruh kementerian lembaga (K/L) diperirakan bisa menghemat hingga Rp60 triliun dari seluruh perjalanan dinas dll. Jadi perjalanan, dan belanja-belanja sendiri saja bisa Rp60 triliun, bisa dialihkan ke infrastruktur, belanja modal, dan lain-lain. Yang produktif," pungkasnya

No comments:

Post a Comment