Friday, November 19, 2010

Hingga Oktober 2010, Ada 5.536 Kasus TKI di Arab


JAKARTA- Data Migrant Care menyebutkan, hingga Oktober 2010 terdapat 5.536 laporan tenaga kerja Indonesia yang diperlakukan sewenang-wenang oleh majikan mereka.

“Data sampai Oktober 2010 yang kami terima ada 5.536 TKI yang mengalami persoalan serius di Arab Saudi,” ungkap Direktur Migrant Care Anis Hidayah saat dihubungi okezone, semalam.

Dari jumlah tersebut, lanjut Anis, sebagian besar kasus yang dilaporkan adalah TKI yang sakit karena situasi dan kondisi kerja yang tidak layak.

“Para TKI ada yang sampai bekerja 18 sampai 24 jam sehari. Tidak ada waktu untuk keluar rumah, komunikasi juga tidak ada, apalagi jaminan kesehatan,” tutur Anis.

Selain itu, kasus yang juga kerap terjadi adalah gaji yang tidak dibayar, pelecehan seksual, serta kekerasan yang dilakukan majikan.

Menurut Anis, jumlah tersebut bisa lebih karena sangat mungkin ada kasus lain yang tidak terdeteksi Migrant Care.

Karena itu, Anis meminta Pemerintah serius untuk memperhatikan kondisi TKI di Arab Saudi. Dia menyebutkan, prinsip perlindungan harus menjadi perspektif yang dikedepankan pemerintah, apalagi sebagian besar TKI yang berada di Arab adalah perempuan.

“Jaminan atau hak mereka di Arab itu belum memiliki perlindungan pekerja rumah tangga. Maka harus diatur bagaimana mereka dilindungi secara hukum,” ucapnya.

No comments:

Post a Comment