Thursday, November 25, 2010

Basrief Pernah Jadi Anak Buah SBY

Lambang Kejagung.

JAKARTA - Penunjukan Basrief Arief menjadi Jaksa Agung, agak mengherankan banyak pihak. Pasalnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disinyalir tidak mengetahui jejak rekam Basrief Arief.

Namun siapa sangka, ternyata Presiden sudah merekam jejaknya sejak Basrief di bawah koordinasinya.

"Saya pernah di bawah koordinasi beliau (SBY), waktu di Menko Polkam, saya di Jamintel. Perkenalan lebih banyak di situ," ujar Basrief saat menerangkan pertanyaan soal kedekatannya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal itu dituturkan Basrief pada wartawan yang menyambangi kediamannya di Jalan Tanjung Duren Utara III, Jakarta Barat, Jumat (26/11/2010).

Selepas itu, Basrief dan Presiden bertemu lagi ketika menjadi panitia seleksi angggota Komisi Yudisial, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan menjadi anggota Komisi Kejaksaan.

Basrief, secara mengejutkan ditunjuk sebagai Jaksa Agung pengganti Hendarman Supandji kemarin petang. Sosok mantan Wakil Jaksa Agung ini, memang digadang-gadang sebagai kandidat Jaksa Agung bersama beberapa nama lainnya.

Namun namanya sempat tenggelam dalam bursa Jaksa Agung, menyusul dua nama calon pimpinan KPK yang disebut-sebut akan mengisi posisi Jaksa Agung.

Dari dua nama calon pimpinan KPK, Busyro Muqoddas terpilih oleh Komisi III untuk mengisi kekosongan kursi pimpinan di lembaga pemberantasan korupsi itu. Sementara rivalnya, Bambang Widjojanto, disebut-sebut akan mengisi kursi Jaksa Agung yang ditinggalkan Hendarman.

No comments:

Post a Comment