Sunday, November 21, 2010

35 Warga Depok Derita Kaki Gajah Kronis

Ilustrasi

DEPOK -Tercatat 35 warga Depok, Jawa Barat menderita penyakit kaki gajah kronis. Akibatnya, mereka tidak bisa beraktivitas karena mengalami cacat.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Depok, Mahindra, sedikitnya di setiap kecamatan di Depok sudah terdapat lebih dari 1 persen mikrofilariasis. Artinya, kata dia, kini tiap jarak 100 meter di Kecamatan Limo dan Cimanggis, terdapat dua kasus kronis.

"Sudah endemi dan memang harus terus diobati dan dicegah dengan pengobatan massal, kami menargetkan 2012, Depok bebas kaki gajah," katanya kepada wartawan, Minggu (21/11/2010).

Pemerintah kota, lanjutnya, segera menggelar pengobatan massal pada 4 dan 11 Desember mendatang. Mahindra menjamin obat yang akan diberikan aman dan harus diminum secara serentak.

"Masyarakat jangan takut minum obat kaki gajah, memang ada efek samping tapi tidak akan terjadi jika diikuti sesuai prosedur," tandasnya.

Seluruh kecamatan di Depok sejak tiga tahun lalu memang sudah dinyatakan ke dalam wilayah endemi penyakit kaki gajah. Penyakit yang ditularkan oleh cacing mikrofilariasis ini dibawa oleh perantara nyamuk dan menularkan kepada manusia.

No comments:

Post a Comment